PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui penggunaan media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2014 yang berjumlah 968 mahasiswa dengan sampel penelitian 91 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresiY = 16,367 + 0,743X1 + 1,204X2.Media sosial dan status sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas negeri Semarang dengan kontribusi 42,2%, secara parsial media sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 31,3%. Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumtif 19,7%.
This study aims to describe the influence of social media use and socio-economic status of parents toward students’ consumptive behavior at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, either simultaneously or partially. The population in this study was the students at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang in the academic year 2014/2015. The result of this study showed that the equation regression was Y = 16.367 + 0.743X1 + 1.204X2. It means that social media and socio-economic status of parents simultaneously have influence to the students’ consumptive behavior at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, with the contribution of 42.2%. While partially, social media was 31.3% influential and the socio-economic status of paents was 19.7% influential towards students ’consumptive behavior